Rabu, 29 Juli 2009

Diposting oleh alom

Galuh Ciamis,Galuh Ciamis,Galuh Ciamis,logo galuh

(Ciamis manis manjing dinamis / Mahayuna ayuna kadatuan)

Universitas Galuh Ciamis (Unigal) merupakan satu-satunya universitas yang berada di tatar Galuh Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46251Jawa Barat. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis

Universitas Galuh Ciamis (Unigal) merupakan satu-satunya universitas yang berada di tatar Galuh Ciamis, tepatnya di Jalan R. E. Martadinata nomor 150 Ciamis 46251Jawa Barat. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis.

Perguruan tinggi ini didirikan pada hari selasa tangga 8 april 1998. Cikal bakal berdirinya universitas Galuh Ciamis ini adalah mergernya beberapa sekolah tinggi yang ada di Ciamis pada waktu itu, yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Galuh, Sekolah Tinggi Hukum Galuh Ciamis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galuh ciamis, dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik Galuh Ciamis. Pada awal pembentukannya hanya terdapat 3 (tiga) Fakultas yakni: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya kemudian ada penambahan untuk Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, dan yang terbaru adalah Fakultas Kesehatan. Sehingga kini universitas Galuh Ciamis ini terdiri dari tujuh fakultas dengan duapuluh program studi.

Universitas Galuh Ciamis kini juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2), program studi Magister Manajemen serta Magister Manajemen Pendidikan. Pengajar program tersebut merupakan pengajar-pengajar dari beberapa universitas negeri di Jawa Barat, diantaranya dariITB,UNPAD dan UPI.


Jenis Perguruan Tinggi : Swasta
A l a m a t : Jn. R.E. Martadinata No.150 Ciamis, Jawa Barat 46251
Telepon : 0625 - 776787, 771955
F a x : 0625 - 771955
Nama Rektor : Drs. H. Idit Suhendi
Sejarah Singkat

Tanggal Berdiri : 8 Maret 1988
Pendiri : Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis

Sejarah Kerajaan GALUH(CIAMIS)

Kerajaan Galuh adalah suatu kerajaan Sunda di pulau Jawa, yang wilayahnya terletak antara Sungai Citarum di sebelah barat dan Sungai Cipamali di sebelah timur. Kerajaan ini adalah penerus dari kerajaan Kendan, bawahan Tarumanagara.
Sejarah mengenai Kerajaan Galuh ada pada naskah kuno Carita Parahiyangan, suatu naskah berbahasa Sunda yang ditulis pada awal abad ke-16. Dalam naskah tersebut, ceritera mengenai Kerajaan Galuh dimulai waktu Rahiyangta ri Medangjati yang menjadi raja resi selama lima belas tahun. Selanjutnya, kekuasaan ini diwariskan kepada putranya di Galuh yaitu Sang Wretikandayun.
Saat Linggawarman, raja Tarumanagara yang berkuasa dari tahun 666 meninggal dunia di tahun 669, kekuasaan Tarumanagara jatuh ke Tarusbawa, menantunya dari Sundapura, salah satu wilayah di bawah Tarumanagara. Karena Tarubawa memindahkan kekuasaan Tarumanagara ke Sundapura, pihak Galuh, dipimpin oleh Wretikandayun (berkuasa dari tahun 612), memilih untuk berdiri sebagai kerajaan mandiri. Adapun untuk berbagi wilayah, Galuh dan Sunda sepakat menjadikan Sungai Citarum sebagai batasnya.

Kerajaan kembar
Wretikandayun punya tiga anak lelaki: Rahiyang Sempakwaja (menjadi resiguru di Galunggung), Rahiyang Kidul (jadi resi di Denuh), dan Rahiyang Mandiminyak. Setelah menguasai Galuh selama sembilan puluh tahun (612-702), Wretikandayun diganti oleh Rahiyang Mandiminyak, putra bungsunya, sebab kedua kakaknya menjadi resiguru.
Dari Nay Pwahaci Rababu, Sempakwaja mempunyai dua anak: Demunawan dan Purbasora. Akibat tergoda oleh kecantikan iparnya, Mandiminyak sampai terseret ke perbuatan nista, sampai melahirkan Sena (atau Sang Salah). Sedangkan dari istrinya, Dewi Parwati, putra dari Ratu Sima dan Raja Kartikeyasingha, Mandiminyak mempunyai putra perempuan yang bernama Sannaha. Sannaha dan Sena lantas menikah, dan mempunyai putra yang bernama Rakryan Jambri (atau disebut Sanjaya).

Kakuasaan Galuh yang diwariskan pada Mandiminyak (702-709), kemudian diteruskan oleh Sena. Karena merasa punya hak mahkota dari Sempakwaja, Demunawan dan Purbasora merebut kekuasaan Galuh dari Sena (tahun 716). Akibat terusir, Sena dan keluarganya lantas mengungsi ke Marapi di sebelah timur, dan menikah dengan Dewi Citrakirana, putra dari Sang Resi Padmahariwangsa, raja Indraprahasta.Dan seterusnya,....................


Kabupaten Galuh Ciamis, kejayaan zaman Kangjeng Prabu
Kangjeng Prebu sebagai Bupati Galuh yang keenambelas ini paling ternama. Ia mempunyai ilmu yang tinggi dan merupakan bupati pertama di wilayah itu yang bisa membaca huruf latin. Memerintah dengan adil disertai dengan kecintaannya pada
rakyat. Empat puluh tujuh tahun lamanya Raden Adipati Aria Kusumadiningrat memimpin Galuh Ciamis (1839-1886).
Pemerintah kolonial saat itu sedang menjalankan Tanam Paksa. Sebetulnya di tatar Priangan sejak tahun 1677 sudah dilaksanakan juga apa yang disebut Preangerstelsel atau sistim Priangan yang berkaitan dengan komoditi kopi. Sampai sekarang terabadikan dalam lagu yang berurai air mata yang bunyinya "Dengkleung dengdek, buah kopi raranggeuyan. Ingkeun saderek, ulah rek dihareureuyan", gambaran seorang wanita yang sedih berkepanjangan karena ditinggal pujaan hati bekerja dalam tanam paksa. Dari Preangerstelsel, di tempat lain dimekarkan menjadi Culturstelsel. Jelas di Kabupaten Galuh ini bukan cuma komoditi kopi yang dipaksa harus ditanam olah rakyat, tapi juga nila. Proyek nila ini menimbulkan insiden Van Pabst yang menyebabkan Bupati Ibanagara dicopot dari jabatannya.


Viking Galuh Ciamis

BILA CERMIN SUDAH TAK PUNYA ARTI, PECAHKAN BERKEPING - KEPING. BERKACALAH PDA RIAK - RIAK GELOMBANG DAN SEBUT SATU NAMA.........PERSIB

Location:

Fanshop VIKING PERSIB Komplek PKP - RI Ciamis 46211, Cafe Upuy Alun" Ciamis

Ciamis, Indonesia, 46211

Phone:

afgan ( 08522389194 ), TB ( 02659272893 )

Website: http://Vikinggaluh@yahoo.com

Facebook VIking Galuh Ciamis

http://www.facebook.com/pages/Ciamis-Indonesia/Viking-Galuh-Ciamis/71798093403

Just Blogging, information technology, share information,business online for make money online Personal Blogs http://www.neobux.com/?u=v http://www.CashMoneyPTC.com/index.php?ref=alom
Commonwealth Life SEO Contest 2015